Kembalilah walau sejenak

Aku tahu bagaimana rasanya ditinggalkan. 
Barangkali, beberapa orang menganggap yang pergi selalu lebih jumawa. 
Meninggalkan yang lemah sampai ia hampir menangis darah
, Padahal tidak.

Tahukah kau bahwa meninggalkan bisa jadi begitu mudah?
 Bagi mereka yang tak sungguh cinta
Bagi mereka yang sibuk bermain saja, 
Menganggap hati seseorang adalah tempat paling pas untuk sekadar singgah

Bagiku tidak.

Meninggalkan bukan hanya perihal pergi. 
Itu bukan sekadar melepaskan yang lama lalu bersiap mencari yang baru
. Meninggalkan bukan perihal tidak lagi suka
Merasa perlu berlalu karena bosan dan enggan
, Meninggalkan bukan pula perihal benci
, Pun itu bukan sekadar mengurusi isi hati

Meninggalkan adalah sulit
 Bagi mereka yang merasa berat berganti atas apa yg telah terjadi, Meninggalkan adalah neraka
 Bagi mereka yang begitu dalam menaruh percaya pada cinta.

Mungkin kita perlu jeda untuk menepi, menyendiri, muhasabah setulus-tulusnya, menanyai hati, mengikuti apa maunya nurani. Meski akan menyesakkan dada, tapi hanya sementara. Sebab kita sedang memperjuangkan apa yang Allah sukai. Bukan tentang apa yang kita sukai, bukan tentang maunya kita apa.

Dan kumohon, kembalilah untuk menepi sejenak. Aku menyerah, aku kalah. Aku tak menggenggam keberanian untuk beranjak dari tempat yang tidak membawaku ke mana-mana. Bantu aku tuk beranjak, bantu aku tuk mendapatkan kembali keberanian itu. Bantu aku,tuan. Kumohon duduklah sebentar, menanggapi hati yang sudah tak lagi berbentuk, karna kau yg mampu memahami.

Dan kepada Semesta, tolong tuntun aku untuk menjaga diri sampai khatam–bahkan selamanya. Ingatkan aku bahwa apa yang telah terjadi memang harus segera diikhlaskan, bukan disesali hingga benci pada diri sendiri. Ingatkan Ya Allah.”
Hamba dhoif,

Yang seringkali terseok terjatuh terperdaya diri sendiri.
Yang seringkali kalah berperang melawan nafsu.
Yang seringkali tak punya tanggung jawab akan masa depannya.

Leave a Reply

